Kontroversi Chelsea vs Barcelona Mei 2009

Kontroversi Chelsea vs Barcelona Mei 2009. Selama kurun waktu 4 tahun terakhir catatan prestasi Barcelona memang menakjubkan. Klub yang dinobatkan sebagai klub terbaik dunia saat ini telah membawa pulang beberapa gelar bergengsi baik di liga domestik maupun liga Eropa sekelas Liga Champion. Namun dibalik kejayaannya itu selain mengundang decah kagum juga mengundang kontroversi. Di klaim bahwa dibalik kesuksesan ke-11 pemain Barcelona ada 1 pemain lagi yang punya andil besar dalam beberapa kemenangan klub yang dijuluki El Barca itu. Pemain ke-12 El Barca itu tidak lain adalah wasit.

Jika kembali ke masa lalu tepatnya pada tanggal 6 Mei 2009 dimana pada saat itu tengah digelar pertandingan leg kedua antara Chelsea vs Barcelona. Pada kala itu babak pertama Chelsea sempat unggul 1-0 dari tendangan luar kotak penalti Michel Essien, namun akhirnya Barcelona membalasnya melalui tendangan yang sama hingga akhirnya pertandingan Chelsea vs Barcelona berakhir 1-1. Barcelona lolos ke final berkat agregate gol tandang atas Chelsea

Pada saat itu Didier Drogba sempat dikenakan hukuman oleh UEFA atas ulahnya yang mengucapkan kata-kata kotor didepan kamera setelah pertandaingan usai. Tindakan Didier Drogba bukan tanpa sebab, seluruh pemain, official dan pendukung Chelsea tidak terima dengan kekalahan itu. Mereka menuding wasit lebih membela Barcelona. Pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Barcelona yang seharusnya membuahkan penalti untuk Chelsea bahkan tidak digubris oleh wasit (Tom henning Ovrebo).

Selama pertandingan berlangsung, seharusnya Chelsea mendapat beberapa hadiah penalti. 2 kali handball yang dilakukan oleh Gerard Pique kala menghadang tendangan Nicholas Anelka dan Samuel Oto'o kala menghentikan tendangan Michel Ballack di kotak penalti Barca bahkan tidak digubris sedikitpun oleh wasit.



Pelanggaran yang dilakukan oleh Dani Alves ketika melanggar Florent Malouda serta pelanggaran yang dilakukan oleh Eric Abidal dan Yaya Toure kala menarik kaos Didier Drogba juga tidak membuat wasit mengganjar keduanya dan menghadiahi tendangan penalti untuk Chelsea.

Akankah 11 Pemain Chelsea vs 12 Pemain Barcelona terulang malam ini? Semoga kepemimpinan wasit seperti ini tidak terjadi pada pertandingan EURO 2012. "My Game is Fair Play", semoga slogan itu benar-benar di ingat oleh semua klub dan wasit agar tidak ada klub manapun yang dirugikan.